JENIS IKAN AIR PAYAU YANG ENAK UNTUK DIKONSUMSI

ikan bandeng

Jenis ikan air payau ternyata bisa dikonsumsi maupun dipelihara. Air payau adalah campuran antara air tawar dan air asin. Air payau mempunyai kandungan garam kurang lebih 0.5-30 gram, apabila lebih dari itu berarti termasuk air asin atau air laut.


Ikan yang hidup di air payau merupakan ikan yang hidup di air laut dan air tawar. Anda mampu menemukan jenis ikan air payau ini di dekat pesisir kurang lebih muara sungai. Banyak varietas ikan yang hidup di perairan payau. Mulai dari ikan yang biasa kita konsumsi sampai ikan-ikan cantik yang mampu menghiasi akuarium pecinta ikan.


Jenis ikan air payau cukup banyak, dan sebagian besar memang adalah ikan yang familiar buat warga  Indonesia. Seperti halnya ikan kakap, bawal, mujair, bandeng, dan masih banyak yang lainnya.


Jenis Ikan Air Payau yang Biasa Dikonsumsi

1. Ikan Kakap Putih


Nama latin dari ikan kakap putih sendiri yaitu Lates Calcarifer. Ikan ini adalah jenis karnivora dan memangsa ikan yang ukurannya lebih kecil darinya ini mempunyai banyak sebutan. Salah satu sebutan untuk ikan ini menurut pemancing adalah Palmer Perch dan Nile Perch. Jenis ikan air payau satu ini bisa hidup lama dalam air dengan panjang 1,8 meter dan berat 60 Kg.


2. Ikan Bandeng


Jenis ikan air payau selanjutnya merupakan ikan bandeng. Ikan yang populer dengan durinya yang kecil-kecil, tetapi cita rasanya selalu lezat. Banyak sekali penikmat ikan satu ini, walau harus berjuang untuk memakannya tanpa memakan durinya. Ikan satu ini tidak hanya hidup di air tawar, tetapi juga air laut. Selain murah dan banyak ditemui di pasar, ikan ini juga kaya akan protein dan gizi tinggi. Jadi tidak heran banyak yang senang  konsumsi ikan ini atau diolah dengan aneka macam bentuk.


3. Ikan Bawal


Ikan yang masih dalam satu keluarga dengan ikan piranha ini mempunyai sifat yang agresif. Ikan ini bernama ikan bawal, dengan nama latin yaitu bramidae. Walau terlihat sekilas seperti ikan piranha, ikan ini tidak kalah lezat   ketika digoreng juga diolah pada bentuk apapun. Cita rasanya yang gurih menjadikannya banyak dicari buat santapan makan siang. Ikan bawal hidup pula di laut juga tawar, maka menurut itu dikategorikan menjadi jenis ikan air payau.


4. Ikan Mujair


Ikan mujair juga termasuk pada jenis ikan air payau. Mungkin Anda lebih familiar dengan ikan mujair yang hidup di air tawar. Tetapi dengan perkembangan yang ada ikan ini bisa hidup dengan baik di air payau. Beberapa pengalaman yang terdapat membuktikan bahwa ikan di air payau mempunyai kualitas bibit yang lebih baik.

Baca juga : cara budidaya ikan badut

5. Ikan Nila


Ikan nila dianggap hanya sanggup hidup di air tawar saja, tetapi faktanya ikan jenis ini sanggup hidup di air payau. Ikan ini lumayan banyak diburu para pemancing mania di Indonesia. Sebagai keterangan saja, ikan ini telah berhasil dibudidayakan dengan baik di Lampung, Sumatra sampai Jawa timur.


6. Ikan Puff


Ikan puff atau ikan fugu atau ikan buntal adalah salah satu jenis ikan air payau yang hidup di muara sungai dekat pesisir. Beberapa spesies berdasarkan jenis ikan ini juga terdapat yang hidup di perairan laut. Ikan yang satu ini biasa dijadikan ikan hias lantaran dagingnya beracun sebagai akibatnya tidak disarankan buat dikonsumsi. Ukurannya relatif besar dibanding ikan hias akuarium pada umumnya. Meskipun relatif besar buat akuarium ikan jenis ini tetap cocok ditempatkan di tempat yang sanggup terlihat. Ikan buntal mempunyai karakteristik khas yang benar-benar tidak sama dengan jenis ikan lainnya. Tubuhnya akan mekar menjadi bentuk bulat dan dipenuhi oleh duri bila mereka merasa terancam.


7. Ikan Kiper


Memiliki nama ilmiah Scatophagus argus, sering disebut juga ikan berbintik lantaran coraknya. Mereka kebanyakan mempunyai warna dasar hijau atau rubu, sampai merah dengan corak bintik-bintik. Sering dipelihara didalam akuarium buat memakan sisa-sisa alga atau lumut. Banyak tersebar di perairan Indo-Pasifik sampai Jepang, Papua, dan Australia.


8. Ikan Terapon Jarbua


Sering disebut juga dengan ikan kerong-kerong atau ikan target lantaran corak mereka yang misalnya papan target. Corak tersebut akan lebih kentara terlihat bila dilihat dari atas, lantaran corak ini juga yang menjadikan ikan sasaran sebagai salah satu ikan hias. Di tempat asal aslinya di perairan air payau mereka sanggup mempunyai ukuran sampai 36 cm, relatif besar memang buat ditaruh didalam akuarium. Jenis ikan sasaran yang sekarang   banyak dipelihara telah banyak direkayasa supaya mempunyai 1/2 ukuran dari yang hidup di alam liar.


9. Ikan Penyumpit


Jenis ikan air payau hias selanjutnya merupakan ikan penyumpit, selain bernama penyumpit ikan ini juga mempunyai nama ikan pemanah. Salah satu ikan yang baik buat hidup di air payau ini mempunyai keunikan dengan suka menyemburkan air dari mulutnya. Keunikan tadi adalah cara ikan ini buat menangkal gangguan musuh. Ikan ini juga suka buat hidup di dekat pohon bakau, lantaran terdapat mangsa yang sanggup dimangsa oleh ikan ini.

Baca juga : cara budidaya ikan badut

10. Ikan Goby


Jenis ikan yang satu ini akan tampak anggun menggemaskan bila diletakkan di akuarium rumah Anda. Bentuk tubuhnya yang seperti torpedo, dan warnanya yang indah benar-benar berfungsi menjadi ikan hias yang sedap dipandang mata. Keunggulan lainnya yang dimiliki ikan goby merupakan karakteristiknya yang sedikit pendiam dan tidak senang mengganggu, sehingga cocok buat disandingkan dengan ikan hias lainnya meskipun pada satu akuarium. Pada umumnya jenis ikan goby memang tinggal di perairan yang payau, namun banyak juga dari mereka yang mendiami lautan.