JENIS JENIS IKAN SILI YANG BANYAK BEREDAR DI INDONESIA

IKAN SILI
Apakah anda familiar dengan ikan sili? apabila belum, anda tidak perlu panik lantaran hal tersebut memanglah hal yang lumrah lantaran ikan sili memang belum sepopuler ikan arwana, ikan koi, ikan louhan, ikan cupang dan lain-lain.


Walaupun demikian, bukan berarti ikan sili ini tidaklah menarik. Faktanya, ikan sili ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang unik, cantik dan juga menarik.


Pada dasarnya ikan sili atau yang biasa dianggap dengan ikan berod oleh orang sunda, merupakan termasuk kedalam jenis ikan predator yang lumayan ganas until dipancing.


Tetapi sayang sekali, kini keberadaan ikan sili ini telah sangat sulit ditemui di Pulau Jawa ini. Selain di Jawa, ikan sili juga bisa ditemukan di beberapa wilayah lain di Indonesia, misalnya Sumatera dan Kalimantan.


Ikan sili ini dulunya terkenal sebagai ikan konsumsi yang sangat enak   lantaran tekstur dagingnya yang sangat lembut. Ikan sili ini sangat lezat   apabila di goreng dan di makan bersama sambal terasi atau sambal pecel.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Peternakan Lele

Di wilayah Pati, Jawa Tengah, ikan sili ini masih mampu ditemui di pasar tetapi jumlahnya pun telah mulai sedikit. Lantaran jumlahnya yang semakin lama semakin sedikit, ikan sili ini kini banyak dipelihara sebagai ikan hias.


Selain lantaran jumlahnya yang semakin menurun drastis, ikan sili dijadikan sebagai ikan hias lantaran bentuknya yang unik dan coral tubuhnya yang menarik. Ikan sili mempunyai bentuk yang panjang dan pipih misalnya belut, tetapi ikan sili ini mempunyai duri dan gigi yang lumayan tajam.


Ikan sili ini masuk pada golongan anggota dari keluarga Mastacembelidae. Ikan sili ini juga populer dengan sebutan belut berduri atau spiny eel.


Jenis Ikan Sili

Sebenarnya ada kurang lebih 83 spesies ikan sili pada semua global & lebih kurang 25 spesies antara lain hayati pada daerah Asia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis ikan sili yang mampu dijumpai. Beberapa antara lain adalah:


1. Sungai

Ikan sili jenis ini paling sering ditemui di Indonesia. Ikan sili jenis ini mempunyai warna coklat dengan sabuk duri pada bagian punggungnya.


Ikan sili jenis ini bisa dijadikan sebagai ikan konsumsi ataupun ikan hias, meskipun penampilannya nir seindah sili batik atau sili api.


2. Jawa


Sesuai dengan namanya, ikan sili Jawa merupakan salah satu jenis ikan sili yang sanggup di jumpai pada sungai-sungai yang terdapat di Pulau Jawa. Ikan sili ini juga mempunyai bentuk pipih dan panjang misalnya belut dengan sabuk duri di sekitar area punggung.


3. Batik

Ikan sili batik merupakan salah satu jenis ikan sili yang berbentuk pipih dan panjang dan mempunyai sederet duri di sekitar punggungnya. Ikan sili ini tak jarang dijadikan sebagai ikan hias lantaran mempunyai corak yang indah.


Seperti namanya, ikan sili batik ini mempunyai corak yang menyerupai batik yang sangat indah. Warna batiknya juga bermacam-macam terdapat yang hijau lumut, merah, ungu, dan lain-lain.


4. Api


Ikan sili api mempunyai motif warna merah menyala seperti api karena warna sisik dominan hitam ini membuat penegasan pada goresan dan sirip warna merah.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Peternakan Lele

Harga Ikan Sili Sungai

Ikan sili adalah galat  satu jenis ikan yg mempunyai taraf kecerdasan tinggi yg mana mereka mampu cepat menyesuaikan diri dan mampu mengenali pemiliknya ketika ikan ini dipelihara di dalam aquarium.


Untuk harganya sendiri relatif bervariasi. Ada ikan sili sungai yang harganya kurang lebih Rp. 20.000 terdapat juga yg bisa mencapai Rp. 150.000.


Ikan sili dengan jenis sili api merupakan ikan sili yang paling mahal. Hal ini dikarenakan ikan ini mempunyai corak yang mengagumkan menyerupai api.


Sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai ikan hias. Apa lagi sekarang ini ikan sili sangat sulit dijumpai. Untuk ikan sili api harganya mampu berkisar antara Rp. 100.000 sampai Rp. 400.000.


Cara Budidaya Ikan Sili

Salah satu cara pencegahan yang bisa dilakukan agar ikan sili tidak cepat punah adalah dengan membudidayakan nya. Lantas bagaimana cara membudidayakan ikan sili? Membudidayakan ikan sili merupakan hal yang sangat sulit dan banyak orang tidak berhasil melakukannya.


Hal utama yang menjadi perkara mengapa banyak orang gagal dalam membudidayakan ikan ini merupakan lantaran ikan ini pertumbuhannya sangat cepat. Panjang ikan sili ini mampu mencapai 1 meter bahkan bisa lebih.


Selain itu, ikan sili juga termasuk salah satu jenis ikan yang merupakan jenis ikan yang sangat sulit untuk disexing atau dibedakan jenis kelaminnya . Disamping itu juga, ikan sili juga meupakan salah satu jenis ikan yang sangat territorial.


Lantaran termasuk ikan yang territorial maka ikan sili ini sulit buat dibudidayakan karena apabila 2 ikan diletakkan pada wadah yang sama akan cenderung bertengkar. Oleh karena itu, ikan sili ini juga cenderung banyak dipelihara dengan jumlah yang lebih sedikit.


apabila anda ingin membudidayakan ikan sili ini maka anda wajib  menyiapkan kolam atau aqua super besar dengan dasar kolam yang berpasir yang kedalamannya pun wajib  relatif dalam. Hal ini dikarenakan ikan sili ini senang membenamkan diri di dalam pasir misalnya belut yang senang membenamkan diri ke pada lumpur.


Makanan Ikan Sili

Lantaran ikan sili adalah salah satu jenis ikan predator maka jenis pakannya sangat gampang untuk ditemui. Makanan ikan sili ini relatif mudah yang mana anda mampu memberi pakan hidup atau pakan mati.


Akan namun, dalam habitat aslinya makanan kegemaran ikan sili merupakan udang atau ketam. Tetapi, anda bisa memberinya makanan berupa ikan-ikan kecil, cacing sutra dan pula serangga.


Lantaran hewan predator, maka anda tidak boleh membiarkan ikan sili kelaparan karena ikan sili yang kelaparan mampu saja melukai ikan yang lain.


Ternak Ikan Sili

Ternak ikan sili adalah salah satu pandangan baru yang bagus untuk mencegah ikan sili ini dari kepunahan. Akan tetapi diperlukan usaha dan kemauan yang lebih untuk mampu ternak ikan sili.


Hal ini dikarenakan ikan sili adalah salah satu jenis ikan yang sulit untuk diternakkan. banyak faktor yang menyebabkan ikan lili sulit untuk diternakkan atau dibudidayakan.