CARA MUDAH MEMBUAT PETERNAKAN IKAN CUPANG DI KOLAM AIR TAWAR

IKAN CUPANG

 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beternak ikan cupang meliputi, pakan ikan, pemijahan, dan tempat yang paling efektif dan murah buat budidaya ikan cupang. Kenapa menentukan kolam terpal lantaran kolam terpal relatif menghemat tempat dan biaya yang di keluarkan lebih efisien di bandingkan kolam menggunakan media beton atau aquarium.

Kenapa yang kita pilih ikan cupang ? pada dasarnya budidaya iklan cupang lebih menguntungkan di bandingkan menggunakan ikan lainnya lantaran cara ini sanggup di lakukan siapapun, budidaya ikan cupang tidak membutuhkan modal biaya terlalu banyak dan juga tempat yang terlalu luas misalnya ikan pedaging pada umumnya tidak terlalu susah tentang cara budidaya ikan cupang menggunakan kolam terpal.


Tetapi justru cara yang gampang mampu jadi disepelekan, sebelum memulai budidaya Anda harus  memeriksa nya terlebih dahulu Cara budidaya ikan cupang.


1 Pilih jenis ikan cupang

Jenis ikan cupang dari para pecinta ikan cupang terdapat 2 jenis yaitu ikan cupang Hias dan cupang Aduan

daya terik yang di minati maniak ikan cupang hias adalah terletak pada bagian estetika bentuk warna dan gerakan yang dimiliki.


Sementara buat ikan cupang aduan di besarkan tujuannya buat di adu dengan sesama ikan cupang aduan, tetapi buat sekarang beberapa negara telah menghentikan cara ini lantaran di anggap ilegal. Bagaimana dengan indonesia ya ?


Menurut penelitian ikan cupang yang beredar di semua bumi ini terdapat 73 spesies, tetapi tidak semuanya terkenal di kalangan pecinta ikan cupang


1. betta stiktos

2. betta splendens

3. betta imbellis

4. betta smaragdina

5. betta machachai


Setelah mengetahui jenis ikan cupang lanjut kita bahas cara berikutnya

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Sili Yang beredar di Indonesia

2. Persiapan kolam untuk budidaya

Kolam terpal yang butuhkan untuk wadah budidaya ikan cupang cukup memakai terpal berukuran ( 100 centimeter x 200 centimeter x 50 centimeter ) semua tergantung ukuran lahan yang terdapat di sekitar Anda, kolam nantinya di pakai khusus untuk ikan yang telah dewasa nanti akan di sisihkan dan dimasukkan pada kolam terpal ini.


Kolam terpal ini sangat cocok di pakai untuk pembesaran burayak atau bayi ikan cupang, burayak bayi ikan cupang sanggup di masukan kedalam kolam terpal bila telah berumur 4 hari atau satu minggu, apabila telah mulai tumbuh remaja ikan cupang bisa di pindah ke tempat pembesaran atau penyotiran, tempat yang paling bagus di gunakan adalah soliter.


Wadah soliter bertujuan supaya ikan tidak bertengkar, cara ini merupakan bertujuan memaksimalkan pertumbuhan ikan cupang, dan fokus keindahan ikan baik ekor juga sirip.

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Sili Yang beredar di Indonesia

3. Proses pemijahan ikan cupang

Setelah persiapan buat pembesaran ikan cupang sekarang waktunya proses pemijahan siapkan tempat aquarium ukuran 20x20x20 centimeter ingat gelas plastik untuk wadah si betina, terakhir siapkan tumbuhan air misalnya enceng gondok, atau kiambang , bertujuan buat memberi efek nyaman pada ikan dan pula nantinya digunakan ikan buat menempelkan telur nya di akar tanaman air.


Dalam satu kali perkawinan ikan cupang bisa membuahi telur nya hingga 1000 buah telur, ketika yang di butuhkan buat penetasan telur ikan cupang dalam kurun ketika 24 jam.

Tetapi perlu Anda ketahui dari peternak ikan cupang kematian  ketika pembuahan lmayan tinggi, dalam sekali kawin ikan bibit ikan cupang hanya sanggup di panen ekor saja.


Indukan jantan sanggup dikawinkan dalam 8 kali dalam ketika 2-3 minggu sedangkan indukan betina hanya sanggup satu kali saja. bila indukan betina di paksa di kawinkan akan terjadi keragaman jenis kelamin dalam perkawinan berikutnya. hasilnya anak ikan cupang akan lebih banyak didominasi oleh betina.

Ciri indukan ikan cupang yang baik berikut ini :


Induk ikan jantan yang baik

* Berusia minimal 6-7 bulan

* Bentuk badan proporsional dengan sirip memanjang

* Gerakan militan

* Kondisi badan sehat. tidak cacat induk kan ikan betina yang baik

* Usia telah mendekati 6 bulan

* Bentuk badan terlihat membulat

* Gerakan relatif lambat tidak se’agresif ikan jantan

* Sirip pendek kurang menarik

* Badan tidak cacat, Sehat


Induk ikan betina yang baik

* Usia mencapai 5-6 bulan

* Bentuk badan relatif membulat

* Gerakan relatif lambat tidak seagresif jantan

* Sirip pendek kurang menarik

* Badan terlihat sehat

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Sili Yang beredar di Indonesia

4. Proses perawatan anakan ikan cupang

apabila proses pemijahan telah terselesaikan selanjutnya akan melawati fase penetasan telur ikan cupang telur yang terlindungi oleh gelembung ikan cupang. Telur telur tadi akan menetas dalam usia hari ke dua atau ke tiga bisa di lihat calon bibit bayi ikan cupang yang imut dan lucu. Pada momen ini ikan cupang jantang lebih agresif menjaga anak anaknya dari serangan predator.


apabila telah terlihat burayak bayi ikan cupang dalam usia hari ke empat abaikan saja tidak perlu memberi makan, lantaran sudah terdapat asupan makanan dari ibunya sejak masih dalam  telur

Pada hari ke 5 waktunya memberi pakan berupa kutu air atau artemia yang nantinya menciptakan pertumbuhan burayak makin cepat besar.


apabila telah menginjak usia 15 hari, burayak telah mengembang bisa di sisihkan dengan indukan jantan atau betina ke kolam terpal pembesaran, untuk induknya sendiri bisa di pindahkan ke kolam asalnya, supaya fress kembali dan sanggup di lakukan pemijahan satu bulan kedepan.


5. Proses pembesaran ikan cupang

Setelah masuk ke tahap ini jangan lupa sebelumnya siapkan kolam pembesaran bisa memakai kolam beton atau kolam terpal, yang lebih efisien dan irit sebenarnya bisa menggunakan kolam terpal saja, cocok buat pemula. Untuk ukuran kolam terpal yang di pakai untuk pembesaran usahakan ukuran 100 x 50 x 50.


Sebelum memasukan burayak ikan cupang dalam kolam pembesaran, langkah yang baik adalah dengan mengisi kolam menggunakan iri terlebih dahulu di campur menggunakan garam, dan juga daun ketapang bisa pula di tambah enceng gondok dan pisahkan selama satu malam sesudah itu ikan bisa di masukan.


Untuk pakan bisa memakai cacing sutra yang berukuran kecil, menggunakan cara ini ikan akan cepat bertumbuh lantaran pakan cacing sutra sangat baik buat pertumbuhan ikan cupang, selain cacing sutra bisa pula memakai jentik nyamuk yang ukurannya kecil. ingat selalu cek kondisi air jangan hingga tercemar. untuk menjaga air kolam bisa di tempatkan pada lahan yang teduh, salah satunya sanggup menutupi kolam dengan plastik bening, supaya air hujan tidak masuk.


apabila tidak ingin repot membukanya tutup penutup kolam Anda bisa menciptakan bangunan kecil kecilan memakai atap Plastik UV untuk menjaga air, supaya tetap terkena sinar matahari dan tidak campur dengan air hujan.