IKAN LELE

CARA MEMULAI USAHA PETERNAKAN LELE

Usaha ternak lele merupakan model bisnis budidaya yang layak dicoba dikarenakan prospeknya yang sangat menjanjikan. Lele adalah ikan air tawar yang sangat gampang diolah menjadi lauk pauk dan beraneka ragam camilan kesukaan masyarakat. Sebut saja keripik lele, abon, dan sebagainya. jenis makanan lele goreng ataupun bakar terbukti sanagat digemari oleh masyarakat dan bisa dijual dimanapun. Tidak bisa di pungkiri jiakalu permintaan lele tergolong tinggi dan bisa menjadi peluang bisnis peternakan yang sanagat menjanjikan.

1. Membuat Perkiraan Modal Awal Peternakan Lele

Langkah pertama adalah kalkulasi jumlah berapa perkiraan modal awal yang Anda butuhkan untuk mengawali usaha ternak lele. Perkiraan modal awal untuk membuat kolam bioflok yakni kira-kira Rp. 3 juta per buah. Selain ongkos pembuatan kolam tentu saja Anda juga perlu untuk mengkalkulasi harga bibit lele. Anda bisa mencari informasi harga bibit lele yang bagus di daerah anda.

2. Menyiapkan Kolam lele

Tidak mungkin Anda pelihara lele tanpa adanya kolam bukan? jika anda menginginkan hasil panen lele nantinya bagus maka Anda mesti menyiapkan kolam yang baik bagi lele-lele tersebut. Anda bisa pakai sistem bioflok yang membuat kolam lebih bersih dan tidak menimbulkan bau.

Kolam bioflok ini diperkenalkan oleh Menteri Susi Pudjiastuti pada tahun 2017 yang lalu. Bentuknya tidak kotak seperti kolam lele pada biasanya tetapi bulat dan dilapisi oleh kain terpal yang berguna sebagai wadah airnya. Satu kolam bioflok ini bisa menampung ikan lele sampai 5000 ekor.

Selain itu sistem bioflok memungkinkan udara didalam air selamanya terpenuhi yang akan menyebabkan lele lebih cepat besar dan bisa dipanen. Hal ini disebabkan oleh adanya aerator yang bertugas untuk meningkatkan kuantitas pasokan udara ke didalam kolam.

3. Memilih Bibit Lele Yang Bagus

Pilihlah bibit lele yang kualitasnya bagus dan unggul sehingga hasil panen dapat memuaskan. Sebenarnya Anda mampu memilih bibit lele apa-pun dikarenan cara dengan kolam bioflok terhadap kolam mampu digunakan untuk semua jenis. Namun kalau Anda mendambakan hasil yang bagus coba memilih lele jenis sangkuriang karena masa panenya mampu lebih cepat.

Bibit lele yang bagus umumnya mampu dikenali dari lebih dari satu ciri selanjutnya ini:

Ukurannya serupa rata

Cenderung gesit dan agresif

Warnanya terang


4. Memilih jenis Pakan Terbaik

Selanjutnya Anda juga mesti sadar jenis pakan apa yang bagus untuk diberikan kepada ikan lele. Cara memproduksi ikan lele yang baunya tidak amis Anda dapat menggunakan rempah-rempah sebagai pakannya. Buatlah pakan yangterbuat dari bahan campuran kunyit, temulawak, jahe dan kencur selanjutnya tambahkan prebiotik.

Cara membuat pakannya juga sangat gampang yaitu racik dan rendam pernah rempah dalam cairan probiotik hingga mengembang. Pakan jenis ini sanggup membuat lele tidak berbau amis dan lebih hemat. Berikan pakan pada lele Anda 2x dalam sehari bersama dengan selang 12 jam untuk sekali perlindungan makanan.

5. Proses Panen Ikan Lele

Kira-kira berapa waktu yang dibutuhkan sampai ikan lele Anda dapat dipanen?  kebanyakan dibutuhkan waktu lebih kurang 3 sampai 4 bulan untuk dapat memanen lele yang Anda ternak tersebut. Memang Anda dapat memanennya kurang berasal dari 3 bulan atau lebih dari 4 bulan hanya saja ukurannya mungkin akan kurang bagus. Untuk ukuran ikan lele yang banyak dicari pembeli waktu panennya sebetulnya 3 sampai 4 bulan.

Ternyata usaha ternak lele sangat mudah untuk dikerjakan dan hasilnya termasuk lumayan menjanjikan. Peternak ikan lele yang sudah berhasil bisa meraup omzet sampai Rp. 18 juta tiap bulannya. Diharapkan kiat budidaya diatas dapat jadi ide bagi Anda yang mendambakan memulai usaha peternakan lele.