CARA MEMBUAT PETERNAKAN SAPI LIMOSIN

SAPI LIMOSIN


Peternakan sapi limosin mempunyai keunggulan tersendiri daripada sapi biasa, karena pertumbuhan badannya yang sangat cepat. Di dalam pasar peternakan sapi Lomosin diperkirakan akan populer dan menjadi unggulan baru. Sapi limosin mulai di tekuni oleh para peternak seperti halnya peternak sapi brahman dan sapi simental, karena sapi limosin mempunyai pertumbuhan yang tergolong cepat dan mendapat harga jual yang lumayan tinggi.

Walau memiliki harga jual yang tinggi dari waktu ke waktu, permintaan hasil ternak sapi limosin justru semakin tinggi. Hal ini sering sekali membuat para peternak dan pedagang sapi sering merasa kewalahan untuk memenuhi setiap pesanan yang masuk, karena persediaan dan suplai sapi limosin masih terbilang sangat terbatas. Berikut ini cara memulai peternakan sapi limosin :

1. Pembuatan Kandang

Kadang sapi biasanya memiliki dua bentuk yaitu kandang individu dan juga kandang kelompok.Ukuran pada kandang individu biasanya 2,5 x 1,5 meter dengan ditempati satu ekor sapi limosin. Dengan kandang individu ini sapi limosin mampu lebih cepat tumbuh, sebab tidak terjadi persaingan di dalam mendapatkan pakan serta memiliki area gerak yang terbatas. Sedangkan kandang grup merupakan kandang sapi di dalam satu periode penggemukan di letakkan di dalam satu kandang. Dalam kandang grup seekor sapi mempunyai kelemahan, yaitu terjadi persaingan di dalam mendapatkan pakan, sehingga sapi yang kuat dapat lebih cepat tumbuh daripada sapi yang lemah.

2. Pemberian Pakan Ternak

Dalam program penggemukan sapi limosin pemberian pakan merupakan perihal terpenting, karena secara keilmuan berasal dari segi fisiologis dan system pencernaan sapi digolongkan ke di dalam hewan ruminansia (hewan yang pencernaanya lewat tiga sistem yakni mulut bersama dibantu air ludah, di dalam rumen bersama dukungan mikroba rumen, dan enzimatis sehabis lewat rumen). Keberhasilan bertenak sapi limosin khususnya pada sementara penggemukan bisa di beri pakan sapi bersama dua jenis, yakni hijauan dan paduan pakan hijauan bersama konsentrat.

3. Pengendalian Penyakit Bagi Ternak Sapi Limosin

Sapi yang sehat akan menghasilkan kwalitas yang baik, oleh karena itu penting juga dalam merawat kesegaran sapi tersebut.

Demikian informasi terkait dengan cara membuat peternakan sapi limosin, semoga sanggup menambahkan fungsi dan menambahkan informasi bagi para peternak yang dapat mengembangkan usahanya.