CARA MEMBUAT PETERNAKAN KAMBING ETAWA

PETERNAKAN KAMBING

Peternakan Kambing Peranakan Etawa( PE) sudah jadi salah satu ikon Kabupaten Kulonprogo, Wilayah Iistimewa Yogyakarta( DIY). peranakan etawa ini banyak dibesarkan peternak yang terdapat di perbukitan Menoreh. Satu ekornya untuk mutu unggul dapat mencapai ratusan juta. Peranakan etawa gampang diternak sebab lebih kemampuannya yang gampang menyesuaikan diri dengan baik. Kelebihan yang di miliki dari peranakan etawa ialah lincah dan bisa bertahan hidup dengan baik di Indonesia sehingga diucap pula selaku kambing lokal. Kambing tipe peranakan Etawa ialah hasil persilangan kambing Kacang lokal dengan kambing Etawa. Peranakan etawa mempunyai karakteristik cirinya ialah bulu tubuhnya belang sebab hasil percampuran warna bulu kambing Etawa serta Kacang. Sebaliknya tubuhnya besar semacam kambing Etawa dengan bobot yang menggapai 91 kilogram untuk kambing jantan, buat betina dapat mencaoai 63 kilogram. Bentuk dahi, hidung serta tanduk sama persis dengan kambing Etawa.

1. Milih Bibit Yang Baik

Sebelum membuat Peternakan kambing etawa, kamu hendaknya dalam pembelian bibit membeli dari kelompok ataupun para peternak kambing yang telah terpercaya, serta mempunyai indukan ataupun anakan kambing yang bermutu luar bagus. Kambing etawa yang bagus buat dari induk pejantan yang memiliki bentuk badan punggung yang lurus, besar, kaki kuat, bebas dari penyakit ataupun cacat tubuh, dan telah berusia lebih dari 1, 5 tahun. Sebaliknya kambing indukan betina yang bagus mempunyai karakteristik berkaki lurus, bentuk badan proporsioal, jinak, memiliki jumlah puting terdapat 2 serta bila diraba terasa kenyal, dan kambing bebas dari penyakit.

2. Membuat Kandang Peternakan

Dalam beternak kambing upayakan posisi kandang kamu jauh dari pemukiman masyarakat. jangan hingga kamu mambangun kandang di wilayah padat penduduk. Sebab hendak memunculkan polusi hawa yang lumayan menusuk. Peternakan kambing etawa pula memerlukan perputaran hawa serta cahaya matahari yang lumayan. Kandang hendaknya terbuat dari bahan yang kokoh dan murah, yakni dengan ventilasi lumayan, tempat makan yang bisa di jangkau, mempunyai tempat penampungan kotoran serta mencukupi cahaya matahari. Berikut syarat untuk membuat kandang peternakan kambing etawa :

Jarak kandang minimun 10 meter dari rumah.

Bangun kandang jenis kandang panggung dimaksudkan agar tidak terkena kena kotoran _+ 0, 5m.

Tempat makan pakan setinggi bahu kambing.

Pisahkan antara kambing jantan serta betina, kecuali bila ingin di kawinkan.

Memperoleh cahaya matahari yang cukup serta terlindung angin malam.

Baca Juga : CARA MEMBUAT PETERNAKAN KAMBING BOER

3. Pemilihan Pakan Untuk Peternakan Kambing Etawa

Pakan ternak kambing dibagi jadi 2 ialah pakan hijauan( berbentuk dedauan/ rerumputan) serta pakan bonus( berbentuk konsentrat), dan terdapat tambahan yang lain ialah silase yang ialah pakan fermentasi dari rumput. Beri pakan tambahan bernutrisi dengan mengombinasikan konsentrat serta bekatul dengan perbandingan 3: 1, mudahnya bekatul 50%, bungkil kelapa 25%, serta bugkil kacang kacangan 25%. Pakan di berkan sebanyak 2 kali yakni pada pagi hari serta sore. Untuk pakan hijauan merupakan santapan pokok contohnya daun nangka, mahoni, rumpur odot, dan sebagainya. pakan hijauan yang di bagikan sebanyak 10% dari bobot kambing. Jangan kurang jangan lupa untuk memberikan minuman sebanyak 1,5–2,5 liter masing- masing ternak per hari, dengan kombinasi garam beryodium.

4. Pengembang biakan Peternakan Kambing Etawa

Kambing etawa mampu beranak dua hingga tiga kali dalam  dua tahun di mana sekali selama hamil kambing etawa rata-rata melahirkan 1 hingga 3 ekor kambing. Pada saat musim kawin kambing etawa betina dapat digolongkan cukup dewasa setelah berumur 6 bulan dan siap kawin pada umur 10 sampai 12 bulan.  Biasanya durasi birahi pada kambing etawa adalah sekitar 1 sampai 2 hari dengan siklus birahi berselang 2 sampai 3 minggu.  Ciri-ciri kambing pada musim kawin tercermin dari perilakunya yang gelisah kurang nafsu makan dan minum selalu mengibaskan ekornya sering uang air kecil dan alat kelaminnya bengkak dan basah. Jika ditemukan tanda-tanda di atas kaming betina harus segera diinseminasi baik dengan cara langsung atau dengan suntikan untuk inseminasi atau dengan inseminasi buatan (IB).

5. Proses Panen Peternakan Kambing Etawa

Kambing akan dipanen saat kambing telah mencapai usia dewasa (gigi ompong) yaitu sekitar 8 sampai 12 ulan. Pemanenan kambing selalu dilakukan setiap tahun.  Sementara itu jika Anda ingin menjual dengan berat maksimum atau mengikuti kompetisi idealnya 15 tahun. Harga kambing etawa dewasa berkisar antara Rp 4-6 jutaekor.  Pastikan waktu panen kambing tahunan bertepatan dengan  Idul Adha untuk harga  kambing yang leih tinggi dan keuntungan yang  lebih tinggi.