CARA MEMBUAT PETERNAKAN KAMBING BOER

KAMBING BOER

CARA MEMBUAT PETERNAKAN KAMBING BOER

Sebelum membuat peternakan mari kita belajar tentang kambing Boer. Kambing ini pertama kali diternakkan oleh peternak Belanda di Afrika Selatan. Kata boer sendiri berarti petani dalam ahasa Belanda. Sejak diternak pada tahun 1900-an kambing ini  menjadi salah satu jenis kambing yang paling banyak diminati untuk diambil dagingnya.  Memang setelah persilangan abad yang lalu kami telah memperoleh kambing Boer dengan kualitas daging yang sangat baik. Kambing jenis ini juga tumbuh  sangat cepat dan sangat subur.

Berikut ini merupakan Langkah-langkah untuk memulai Peternakan kambing Boer :

1. Mempersiapkan lahan peternakan

Kambing Boer merupakan hewan yang mudah beradaptasi di sebagian besar wilayah  Indonesia. Mulai dari dataran rendah dan dataran tinggi topografi tidak terlalu menjadi masalah untuk membuat peternakan ini. Namun idealnya lahan untuk memangun kandang kaming harus memenuhi kriteria seagai berikut. 

lahan yang mendapatkan sinar matahari 

lahan yang jauh dari kawasan perumahan 

Area terlindung dari paparan langsung angin  

Area jauh dari sumur dan tidak terkena banjir


2. Mempersiapkan Kandang dengan system terkoleksi

Saat membangun kandang untuk peternakan kambing sistem kandang terkoleksi harus digunakan. kandang terkoleksi adalah sistem kandang yang memisahkan tempat tinggal ternak dari tempat penyimpanan kotoran kambing (tinja) dan urin. Sistem kandang ini memiliki beberapa keunggulan. Pertama kandang tidak berbau dan lebih bersih. Oleh karena itu risiko penyakit kambing boer  lebih rendah. Angka kematian kambing juga berkurang. selain itu sistem ini juga sangat gampang untuk diterapkan dan dikelola. Terakhir kandang terkoleksi memudahkan peternak dalam mengelola kotoran kambing. Kandang leih mudah dibersihkan. Ditamah lagi feses dan urin kambing juga memiliki nilai ekonomis karena dapat dijual untuk berbagai kebutuhan. Misalnya  membuat pupuk organik. Anda mendapatkan  sumber pendapatan lain. Rangka kandang penerima dapat dibuat dari baja ringan. Sedangkan wadah urin dan feses bisa menggunakan bahan berserat. Namun bahan lain yang cocok juga dapat digunakan sebagai gantinya.

3. Pemilihan Bibit Kambing

Kambing boer yang berkualitas memiliki tubuh dan kaki yang besar kuat namun tidak gemuk. Kaming dalam keadaan sehat dan tidak  cacat. Rambutnya bersih dan berkilau. Untuk peternakan kambing pastikan alat kelaminnya berfungsi dengan baik. Kambing jantan dan betina yang cocok untuk dikemangiakkan harus berumur 5 sampai 6 ulan. Sedangkan kambing jantan berumur 5 sampai 8 bulan.

4. Pemilihan Pakan

Kambing boer sangat menyukai pakan ternak seperti daun nangka daun lamtoro dan lain-lain. Dosis  hijauan yang ideal adalah 3% berat kambing jika dalam keadaan kering. Jika hijauan  segar atau lembab beratnya sekitar 10% sampai 15% dari berat badan. Peternak juga dapat memberikan pakan  tamahan untuk kambing. Suplemen dapat dibuat dari pabrik atau buatan sendiri. Konsentrat untuk makanan pendamping ASI biasanya meliputi dedak tepung ikan dan bungkil kedelai. Idealnya suplemen dengan kandungan protein  16%. Selain makanan kambing juga membutuhkan 15 sampai 25 liter air minum  per hari. Anda dapat memasok air sepanjang waktu ke tangki air  kandang. Tambahkan air saat air mengering dan ganti air setiap hari untuk menjaga air dan kandang tetap bersih.

5. Pemberian Pakan Tanpa Ngarit

Tidak punya waktu dan tenaga untuk angon (menggembalakan kambing di ladang) atau memotong rumput untuk memberi makan kambing? Apalagi bagi peternak yang memiliki ratusan kambing Boer. Jangan khawatir Anda bisa memelihara ternak tanpa ngarit. Untuk mengganti rumput penggaruk Anda dapat mencoba berbagai alternatif. Salah satunya dengan memeli pakan  kambing. Petani yang menggunakan metode horizontal dan ngarit  melakukan hal yang sama pada musim kemarau ketika makanan sulit didapat. Selain membeli pakan ternak Anda juga bisa membuat pakan ternak fermentasi dari pakan ternak. Caranya adalah dengan menyimpan hijauan dalam kondisi basah dan mengolahnya dengan fermentasi atau silase. 

6. Perawatan Peternakan

Kambing boer memiliki sistem kekebalan yang kuat dan kurang rentan terhadap penyakit dibandingkan  kambing lainnya. Meski demikian kesehatan mereka tetap perlu dijaga. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan kandang sesering mungkin seminggu sekali atau setiap  2 hari sekali dengan  menyapu lantai kandang. Jangan lupa penyemprotan disinfektan sebulan sekali.

7. Pengembangbiakan Peternakan Kambing

Kambing boer biasanya mencapai masa birahi selama 1 sampai 2 hari per bulan. Kambing Boer jantan bisa kawin setiap bulan. Sedangkan kambing boer betina biasanya hanya bisa melakukan perkawinan selama dua kali dalam setahun. kambing betina siap kawin pada umur 10 sampai 12 bulan. Mereka hamil selama 5 bulan dan bisa melahirkan anak. Setelah melahirkanb ayi kambing perlu istirahat selama 2 bulan  dan menyapih anak.

8. Penjualan hasil peternakan kambing boer

Harga kambing boer cukup mahal. anakan Kambing Boer dijual dengan harga paling tinggi 1 juta sedangkan indukan kambing sekitar 15 juta. Harga kambing boer dewasa bahkan isa mencapai 10 juta. Tak heran jika peternakan kambing boer ini sangat diminati. Ada banyak cara untuk menjual kambing Boer. Cara yang paling umum adalah berdagang di pasar hewan. Cara ini masih sangat efektif. Karena calon pembeli bisa melihat sendiri kualitas kambing anda.