CARA MEMBUAT PETERNAKAN IKAN BANDENG

IKAN BANDENG


 CARA MEMBUAT PETERNAKAN IKAN BANDENG

Biasanya dipresto, kebanyakan pecinta ikan pasti sudah tidak asing lagi dengan bandeng kan? Dengan rasa yang enak dan bergizi, permintaan bandeng kini diperkirakan akan terus meningkat. Nah, untuk memanfaatkan peluang tersebut, berikut langkah – langkah untuk membuat peternakanikan bandeng :

1. Menentukan lokasi tambak ikan bandeng

Langkah awal dalam jalankan budidaya ikan bandeng adalah menentukan wilayah tambak atau kolam (sesuai jenis ikan bandeng, tawar atau payau). Jika area area tinggalmu dekat dengan sumber perairan, layaknya sungai, danau, bahkan laut, anda sanggup membuat tambak di sana. Namun, kalau lokasimu jauh dengan sumber air yang luas dan besar, anda sanggup membuat kolan sendiri. Tidak asal membuat tambak atau kolam, dalam perihal ini anda juga dianjurkan untuk mencermati sebagian perihal penting ini:

Jika anda budidaya ikan bandeng air tawar, maka sebaiknya kolam yang dibikin adalah kolam air tawar.

Kamu sanggup menggunakan genangan air sawah ataupun air dalam tanah

Pastikan tinggi kedalaman air kolam, tak terlampau dalam.

Tidak cuma kedalaman kolam, tentukan juga panjang dan lebar kolam, dikarenakan perihal ini bertujuan untuk memperhitungkan, berapa banyak bibit yang bakal digunakan.

Tumbuhkan plankton alami, supaya calon benih ikan bandeng sanggup mencari makan secara alami.


2. Melakukan Persiapan Tambak Untuk Ikan Bandeng

Langkah budidaya ikan bandeng sesudah itu adalah melakukan persiapan tambak atau kolam. Dikarenakan, persiapan tambak atau kolam terhitung bakal merubah keberhasilan budidaya, yakni sebagai berikut:

Membuat fasilitas sarana dan prasarana tambak atau kolam, jadi berasal dari pintu air, caren, saringan, saluran pemasukan, saluran pengeluaran, pompa air, jala lingkar dan lain-lain.

Membersihkan endapan lumpur, bekas pemeliharaan ternak ikan sebelumnya. Pasalnya, endapan lumpur selanjutnya umumnya memiliki kandungan racun yang beresiko bagi benih baru.

Memberikan kapur ke didalam tambak atau kolam. Dimana kapur yang digunakan adalah kapur pertanian (CaCO3), untuk tingkatkan pH tanah dan membunuh bakteri pathogen.

Setelah itu, baru anda bisa melakukan pengisian air sebelum saat tebar benih.


3. Melakukan Penyiapan Benih

Tahapan selanjutnya dalam budidaya ikan bandeng adalah membuat persiapan benih. Persiapan benih di sini terhitung tidak asal, agar bisa menghasilkan ikan bandeng yang berkualitas. Maka dari itu, sebaiknya kamu mesti menyimak  hal berikut ini, sehingga hasil panen mampu menghasilkan kualitas prima.

Pilih benih yang tidak cacatBenih yang memiliki kwalitas dan dapat banyak gerak dan aktif

Benih mesti sehat dan bebas berasal dari hama penyakit

Jangan salah menentukan benih ikan bandeng, antara benih khusus air tawar dan air payau.

Idealnya, ukuran benih yakni kira-kira 1-2 inch

Letakan benih di sebuah bak atau wadah plastik bersih, dan jangan lupa diberi udara


4. Masa Penebaran Benih

Bukan Sembarang, penebaran benih dalam peternakan ikan bandeng, perlu harus diperhatikan faktor-faktor berikut ini:

Padat Tebar: Sebelum penebaran, setidaknya anda harus mempertimbangkan yang sesuai dengan ukuran konsumsi bersama dengan metode pembesaran ikan. Untuk metode tradisional yang disempurnakan, biasanya padat tebaran adalah 2-3 ekor / m2. Untuk lama pemeliharaannya adalah tidak cukup lebih dari 4 bulan.

Waktu penebaran: Waktu penebaran alangkah baiknya dilakukan sore hari, kira-kira pukul 16.00-18.00. Penebaran juga bisa dilakukan pada pagi hari, yaitu kira-kira pukul 07.30, karena pada waktu tersebut keadaan fluktuasi suhu tidak mencolok, parameter air dan lingkungan tidak banyak berubah.


5. Pemberian pakan ikan bandeng

Tidak cuma manusia, ikan pun perlu makanan. Pemberian pakan di sini juga sebagai keliru satu langkah penting dalam budidaya ikan bandeng. Bahkan, pakan juga dapat memengaruhi pertumbuhab ikan, lingkungan budaya, hingga punya dampak fisiologis dan ekonomis. Namun, berlebihan pertolongan pakan juga bisa memicu kualitas air jadi kurang bagus, dikarenakan memicu bahan organik yang mengendap terlampau banyak. Selain itu, style pakan yang diberikan adalah pakan buatan dan pakan alami. Untuk pakan buatan, kebanyakan berbentuk pellet dengan beragam ukuran, di mana ukurannya bisa sesuai dengan ukuran ikan. Pakan ikan bandeng sendiri harus mengandung protein, karbohudrat, lemak, asam lemak, vitamin dan juga mineral.

6. Perawatan Dan Pemeliharaan Peternakan Ikan Bandeng

Tidak hanya berikan pakan, untuk menghasilkan budidaya ikan bandeng yang berkualitas, kamu wajib laksanakan perawatan dan pemeliharaan. Perawatan dan pemeliharaan ikan bandeng di sini, anda harus melakukan pengendalian hama. Pasalnya, di dalam sebuah sekosistem, biasanya terdapat hama dan penyakit yang mampu saja menyerang benih ikan bandeng. Jenis-jenis hama berikut mampu berupa ikan pemangsa, kepiting, belut, ular air, burung dan tetap banyak lagi. Untuk mencegahnya, kamu mampu memanfaatkan 1 metode pengendalian hama, yaitu secara fisik (pemasangan tali-tali tidak berwarna, pemasangan perangkap, pemasangan saringan terhadap pintu air), dan secara kimiawi, yaitu dengan pestisida (bisa memanfaatkan bungkil biji teh, rotenn, akar tuba, brestan, basudin, sumition, dan tetap banyak lagi.

7. Proses Panen Hasil Peternakan Ikan Bandeng

Nah, untuk langkah yang paling ditunggu-tunggu dalam usaha peternakan ikan bandeng adalah panen. Dimana setelah ikan bandeng telah berukuran konsumtif, maka ikan bandeng telah siap untuk masuk dalam proses pemanenan. Biasanya, pemanenan ikan dikerjakan secara bertahap (selektif), atau bisa juga dilakukan secara total atau sekaligus. Nah, itu dia beberapa langkah gampang melakukan budidaya ikan bandeng. Untuk memulai membangun bisnis peternakan ikan bandeng yang besar, pastinya anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit.