CARA MEMBUAT PETERNAKAN IKAN ARWANA

Ikan Arwana


Daripada bingung tidak bnerbuat apa-apa di rumah, kenapa tidak mencoba potensi usaha rumahan yang menjanjikan dengan membuat peternakan salahsatu ikan hias paling mahal di dunia ini? Kalau anda berminat untuk mencoba usaha yang pasti untung dengan beternak ikan arwana, kami memiliki panduan lengkap yang dapat digunakan oleh pemula simak panduan bawah ini.

1. Mempersiapkan Media Hidup Untuk Ikan Arwana

Langkah pertama yang sudah pasti wajib kamu melakukan terlebih dahulu adalah membuat persiapan tempat budidaya ikan arwana berupa aquarium.Pada tahapan awal, anda bisa mengadakan sampai lima buah akuarium beserta peralatan pendukung lengkap, seperti heater, aerator, filter air, alat pengukur suhu, dan lampu penerang.


2. Memilih Jenis Ikan Yang Akan Di Ternakkan

Ada banyak sekali model ikan arwana yang hidup alam, tapi cuma lebih dari satu spesies saja yang bisa dijadikan peliharaan. Untuk jenis ikan yang paling banyak dicari oleh para peternak adalah jenis ikan arwana super red yang dikenal dengan pesona sisiknya yang berwarna merah cerah. Jenis yang satu ini memiliki harga jual yang sangat tinggi hingga bisa menembus kisaran Rp6 juta per ekornya. Pemasarannya terhitung relatif mudah dikarenakan para minat bakal arwana super red yang tinggi di kalangan pehobi. Harga benihnya berkisar Rp1 jutaan kamu mesti merogoh kocek yang lumayan dalam jika berminat membawa pulang spesies yang satu ini.  


3. Mempersiapkan Indukan Ikan Arwana

Tidak hanya tempat perkembangbiakan dan tipe ikannya saja yang harus diperhatikan, untuk membuahkan budidaya ikan arwana yang berkualitas, anda harus memilih indukan yang sehat dan punya mutu tinggi. Indukan ikan akan merubah hasil panen dan keuntungan yang dapat anda dapat berasal dari bisnis peternakan akuatik ini. Usia minimal untuk indukan adalah 5 tahun dengan tampilan yang prima tanpa memiliki riwayat penyakit atau cacat yang muncul berasal dari pangkal kepala sampai ekor. Tak ketinggalan pasti langkah membedakan indukan jantan dan betina yang urgent kala proses pemijahan nanti. anda bisa mengetahui dari bentuk tubuhnya sampai kepala, yakni ukuran betina relatif lebih kecil dibanding sang jantan.

4. Masa Pengembang biakan Ikan Arwana

Bukan hanya manusia saja yang mempunyai tes kecocokan jodoh, begitu pula dengan ikan hias yang satu ini. Tandanya muncul berasal dari tingkah laku indukan yang mulai berenang berbarengan di didalam akuarium. Jika sudah muncul demikian, anda bisa memisahkan dua ikan arwana tersebut dari gerombolan lainnya. Pisahkan di akuarium khusus yang digunakan untuk sistem berkembangbiak agar mempermudah pemijahan nanti.

5. Tahap Pembenihan Ikan Arwana

Setelah indukan telah sukses membuahkan benih, anda perlu memperlakukan anakan selanjutnya dengan baik, seperti diberi pakan khusus seperti cacing pita, sehingga pertumbuhannya mampu maksimal. Nah, jikalau ikan arwana telah menggapai ukuran kurang lebih 12 cm, anda dapat menjalankan pembelahan dari induknya untuk menghindari kanibalisme yang kerap terjadi.

6. Pemeliharaan Benih Arwana

Setelah benih dipisahkan, seterusnya sehingga budidaya ikan arwana sanggup membuahkan ikan yang berkualitas adalah dengan lakukan penjemuran di bawah cahaya matahari pagi, sehingga warna yang dapat dihasilkan sanggup bagus. Dalam proses pemeliharaan benih yang udah dipisahkan ini, anda perlu lakukan cara ini hingga ikan berukuran kurang lebih 24-25 cm.

7. Proses Panen Ikan Arwana

Sekarang kamu sanggup nikmati hasil jerih payah setelah berhasil mengembangbiakan ikan arwana yang sanggup dipanen sejak umur 5-6 bulan untuk anakan. Harga ikan arwana super red kalau yang anakan saja sanggup raih Rp1 juta dengan sebagian variasi yang tergantung dari tempat kamu menjual.