AYAM PETELUR

CARA MEMBUAT PETERNAKAN AYAM PETELUR UNTUK PEMULA

Beberapa hal yang dikeluhkan menurut para peternak ayam petelur, contohnya adalah taraf kematian yang tinggi. Peternak ayam petelur tentu wajib  mengetahui teknik perawatan yang tepat. Hal inilah yang nantinya akan berdampak nanti pada produksi telur nantinya. Tidak relatif disitu saja, kualitas telur yang didapatkan juga wajib kualitas unggul dan hasil yang banyak. Maka buat anda para pemula dan juga para peternak ayam petelur yang telah professional. Perlu mengetahui beberapa hal yang mampu menaikkan harga jual telur nantinya’ tiga Hal yang mampu memaksimalkan laba peternak ayam petelur dalam umumnya adalah:

Meminimalisir biaya pakan

Memaksimalkan perawatan ayam

Meningkatkan harga jual telur ayam

Berikut ini kami akan menjabarkan tahapan dalam membuat Peternakan ayam petelur :

1. Memilih bibit ayam petelur

Salah satu pertimbangan yang penting dalam menyiapkan bibit yang baik & sempurna buat peternakan ayam petelur berikut yang penjabarannya penuhi:

Berasal menurut indukan ayam petelur yang berkualitas

Memiliki fisik yang sehat, bulunya tampak halus dan pertumbuhan baik

Perkembangan tubuh yang baik dan tidak ada cacat dalam tubuhnya

Ukuran berat yang baik minimal 35 centimeter dan mempunyai nafsu makan yang baik

Syarat pemilihan bibit ayam petelur yang sempurna tersebut, akan berpengaruh menggunakan produktifitas hasil pada saat panen telur nantinya. Maka sangat penting bagi anda untuk memaksimalkan kualitas ayam petelur yang akan dirawat dimulai dari pertama kali menentukan bibit ayam petelur.

2. Memilih Jenis ayam petelur yang akan di kembangbiakkan

Dalam beternak ayam petelur terdapat 2 jenis ayam ras petelur yang cocok dibudidayakan, maka dari itu anda perlu mengetahui ayam petelur yang sesuai dengan sasaran pasar yang ingin anda tuju. Berikut ini penjelasan tentang pemilihan ayam ras yang terdapat di pasaran:

A. Ayam Ras Petelur Ringan

Beberapa hal yang perlu anda pahami tentang ayam ras petelur ringan yaitu:

Tipe ayam ras petelur ringan biasa dianggap menggunakan ayam ras petelur putih yang menghasilkan warna cangkang telur putih.

Badannya ramping, kurus, mungil, mini dan mata bersinar. Ayam ini asal berdasarkan galur murni white leghorn.

Bulunya berwarna putih higienis & berjengger merah. Ayam ini bisa membentuk telur lebih berdasarkan 260 telur per tahun.

Ayam jenis ini relatif sulit dicari, akan tetapi ayam petelur ringan banayak dijual di pasar indonesia menggunakan banyak sekali nama. Setiap pembibit ayam petelur di Indonesia mempunyai & menjual ayam petelur ringan (petelur putih) komersial ini.

Ayam jenis ini sangat sensitif terhadap cuaca panas dan suasana yang tidak kondusif (keributan). Sehingga bila syarat lingkungannya tidak mendukung, produksinya akan menurun drastis.


B. Ayam Ras Petelur Medium

Untuk tipe ayam petelur medium terdapat beberapa hal yang perlu dipahami diantaranya:

Jenis ayam petelur medium mempunyai berat badan yang lebih berat dibandingkan tipe ayam ras petelur ringan, tetapi lebih ringan dibandingkan ayam pedaging (broiler).

Oleh sebab itu, ayam ini dianggap menjadi ayam petelur medium.

Warna bulunya coklat memiliki rona cangkang telur coklat.

Tipe ini yang banyak dibudidayakan lantaran bila sudah tidak berproduksi, dagingnya masih laris  dijual maka dari itu ayam ini sering dianggap ayam dwiguna.

Setelah mengetahui jenis ras yang sempurna, anda mampu memilih jenis ayam petelur yang sesuai buat peternakan ayam petelur anda


3. Menyiapkan kandang peternakan ayam petelur

Kandang sebagai media yang wajib diperhatikan dengan sesuai kebutuhan ayam petelur, hal inilah yang perlu anda pilih sesuai menggunakan umur ayam. Persiapan kandang yang sempurna akan menghasilkan kualitas ayam petelur, terutama kesehatannya.

Maka perlunya memilihkan kandang yang disesuaikan menggunakan kapasitas atau jumlah ayam yang dibudidayakan.

4. Merawat Ayam Petelur

Pemeliharaan yang sempurna sebagai hal yang wajib dilakukan untuk setiap peternak ayam petelur, Lakukan perawatan secara sempurna buat manajemen kandangnya hingga dalam kebutuhan nutrisinya. Hasilnya mampu dirasakan menggunakan taraf agresi penyakit minim dan yang menciptakan produktifitas telur yang semakin tinggi selama berkelanjutan.

5. Proses Pnanen Peternakan ayam petelur

Pemeliharaan yang sempurna menjadi hal yang wajib dilakukan buat setiap peternak ayam petelur, Lakukan perawatan secara sempurna untuk manajemen kandangnya sampai pada kebutuhan nutrisinya. Hasilnya bisa dirasakan memakai tingkat serangan penyakit minim dan yang membangun produktifitas telur yang meningkat selama berkelanjutan. Dalam bisnis ternak ayam petelur, pemanenan utamanya merupakan telur. Namun, apabila anda menentukan budidaya ayam petelur jenis Medium. Maka dulur akan menerima hasil tambahan berupa daging menurut ayam yang sudah tua (afkhir). Sebaiknya telur dipanen tiga kali pada sehari. Hal ini bertujuan supaya kerusakan isi telur yang ditimbulkan oleh virus ataupun keretakan dampak terdesak ayamnya bisa terhindar/terkurangi